Persiapan Yang Harus Dilakukan Saat Pergi Liburan

persiapan liburan

liburan adalah suatu masa di mana orang-orang meluangkan waktu dan bebas dari pekerjaan atau kegiatan sekolah. liburan bisa kapan saja. Namun pada umumnya liburan terjadi pada pertengahan tahun atau akhir tahun, atau hari besar lainnya. Ada banyak hal yang harus anda persiapkan agar liburan anda berjalan lebih lancar dan lebih seru.

Berikut kami rangkum persiapan-persiapan yang harus anda lakukan saat liburan, baik dalam maupun luar negeri.

1. Menabung & Berhematlah

Cara terbaik dalam mengumpulkan uang untuk persiapan saat liburan adalah menabung. Menabung juga ada banyak jenisnya, seperti dengan menjual aset pribadi yang sudah tidak digunakan lagi, bekerja serabutan seperti mengajar private, atau bahkan menyisihkan uang harian atau bulanan dari orangtua kamu.

Jika kamu benar-benar ingin menabung untuk liburan kamu harus benar-benar berkomitmen. Jika kamu seorang karyawan atau pengusaha cobalah untuk menyisihkan uang atau gaji yang kamu peroleh diawal. ayo menabung!

Baca Juga : “Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Murah, Populer dan Mantap

2. Mencari Teman Jalan

Persiapan lain saat liburan adalah mencari teman jalan. Ternyata banyak sisi posif liburan bersama teman. Salah satu keuntungan liburan bersama teman adalah budget yang lebih hemat.

Jika kamu solo backpacker, kamu akan menanggung sendiri biaya kamar hotel, biaya transport (jika sewa motor/mobil), biaya internet dll. Namun jika kamu liburan bersama teman, semua biaya ini bisa kamu bagi bersama, dan hasilnya liburan kamu pasti bakal lebih murah.

3. Menetukan Jadwal dan Tujuan

Sebelum liburan, pastikan kamu sudah menentukan tujuan dan jadwal perjalanan. Jika kamu sudah menentukan tanggal keberangkatan, ayo segera tentukan waktu untuk packing. semakin banyak waktu packing, kamu akan lebih siap liburan.

Lakukan packing yang benar, agar bisa lebih santai dan tak ada barang penting yang terlewat untuk dibawa. Persiapan yang salah yang sering terjadi akibat packing yang terburu-buru adalah barang yang tertinggal. Bayangkan jika barang tersebut sangat penting atau jika harus beli harganya mahal, kan kamu jadi rugi sendiri.

4. List Kebutuhan Yang Akan di Bawa

Buatlah list kebutuhan yang akan kamu bawa saat liburan. Beberapa diantaranya adalah :

  • Peralatan Mandi
  • Baju Ganti Secukupnya
  • Obat-obatan pribadi
  • Kamera & Peralatan Dokumentasi
  • Powerbank, Charger, Kabel, Cok Sambung
  • Mantel
  • Plastik Kresek
  • Kaus Kaki
  • Jaket
  • Baju Hangat (Menyesuaikan Lokasi & Musim)
  • Peralatan Shalat (Ibadah)
  • Botol Minum
  • Senter (Menyesuaikan)
  • Korek/Mancis
  • Makanan Cadangan (Cepat saji)
  • Kacamata, Pomade
  • Uang Tunai dan Nontunai
  • Mengingat/Menyalin Nomer Penting
  • Bucket List
  • Paspor/Visa/Tiket/KTP
  • dll

Baca Juga : “Pendiri dan Orang-Orang yang Berjasa Membangun Kota Medan

5. Menyusun Itinerary Perjalanan

Sebelum pergi berlibur, sebaiknya kamu membuat itinerary terlebih dulu agar perjalanan lebih efisien dan lebih terarah. Cobalah menyusun berapa lama waktu liburan, berapa destinasi yang bisa didatangi. Susunlah destinasi berdasarkan rute, jangan lakukan random rute, karena ini akan sangat menyulitkan kamu dan menghabiskan biaya.

Kamu bisa bertanya kepada temen-temen yang sudah kesana, atau membaca berbagai artikel traveling di google.

6. List Destinasi dan Kuliner Yang Harus di Coba

Sebelum kamu tiba di lokasi tujuan, pastikan kamu sudah melist kuliner dan lokasi apa saja yang kamu akan kunjungi. Contoh jika kamu akan mengunjungi Medan sebaiknya kamu sudah mencari tahu informasi kuliner Medan.

Kuliner Medan yang populer seperti  Soto Sinar Pagi, Soto Kesawan, RS Sipirok, Mie Aceh Titi Bobrok, Durian Medan, Bolu Meranti, Sate Memeng, Bika Ambon, Napoleon, Sirup Markisah Medan, Jambu Medan, Martabak Bangka, Lontong Medan dan sebagainya.

7. Menyiapkan Pulsa, Paket Internet & Wifi Cadangan

Jangan sampai liburan kamu terganggu karena kesulitan mengakses internet. namun jangan sampai gara-gara internet membuat liburan kamu tidak berkualitas karena terlalu asyik bermain media sosial atau game.

Adabanyak kegunaan internet saat traveling. Dengan internet kamu bisa order ojek online, mencari rute di maps, googling informasi penting, menghubungi travel yang akan membantu liburanmu, dan sebagainya.

Baca Juga : “Tempat Wisata Menarik di Eropa Timur dan Eropa Barat

8. Minimal Selalu 30 Menit Lebih Cepat

Pastikan kamu bukan tipe orang yang suka mepet saat kelokasi tujuan. Lebih baik kamu terlalu cepat ke lokasi tujuan seperti bandara, dari pada kamu harus terlambat. Jika kamu terlalu bermain dengan waktu dan perhitungan kamu meleset, bukan hanya waktu tapi kamu harus bersiap mengeluarkan uang lebih banyak.

9. Maksimalkan Sarapan di Hotel

Beberapa hotel (tergantung grade) sudah menyediakan sarapan pagi atau breakfast. Biasanya breakfast di hotel sudah include biaya kamar dan saat breakfast all you can eat. Pastikan kamu cukup sarapan saat di hotel, jangan sampai baru jam 10.00 pagi kamu sudah kelaparan saat diperjalanan, karena hal ini bisa memperbanyak pengeluaran kamu.

Jika memungkinkan/diperbolehkan bungkus beberapa makanan saat breakfast,s eperti roti, telur dll. hal ini akan sangat membantu perjalanan kamu, syukur-syukur sarapan yang kamu bungkus cukup untuk makan siang. Kan kamu jadi lebih hemat.

10. Silaturahim Dengan Teman di Lokasi Tujuan

Agar liburan kamu lebih bernilai, cobalah sempatkan silaturahim dengan teman atau sodara yang ada di sekitar lokasi tujuan. Sebelum kamu berangkat atau saat kamu di suatu tempat, coba sesekali informasikan di media sosial, siapa tau saat ini teman atau saudara kamu sedang disana.

Yakinlah silaturahim memudahkan rezeki. Bisa saja kamu akan diajak berkeliling wisata di kota tersebut, bisa saja kamu ditawari menginap di rumah mereka. ujung-ujungnya kamu akan lebih hemat dan budget kamu bisa digunakan untuk keperluan lain.

11.  Buat Daftar Belanja

INGAT! jangan khilaf, jangan boros, jangan royal. Jika budget kamu pas-pasan, pastikan kamu sudah list belanjaan yang akan kamu beli, namun belilah sesuai budget dan kebutuhan kamu. jika kamu memiliki uang lebih, belilah souvenir atau oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman.

Baca Juga : “Cara Membuat Visa Schengen di Medan, Surabaya, Jakarta dll

12. Bawa Tas Belanja Sendiri

Membawa tas belanja sendiri saat liburan adalah cara yang paling mudah untuk berkontribusi mengurangi sampah. Beberapa supermarket di luar negeri seperti di Negara Jerman sudah tidak menyediakan kantung plastik lagi. Ayo menjadi traveler yang cinta  lingkungan dengan cara menjalankan diet plastik.

13. Simpan Nomor-Nomor Penting

Kita tidak pernah tau hal apa yang bakal terjadi saat kita liburan. Sebelum liburan simpanlah nomor-nomor penting di buku atau hp kamu. Beberapa nomer penting seperti Kepolisian, Kementrian Perhubungan, Tol, Kantor Kedutaan Negara tujuan, hotel, penyewaan transport dan penyedia layanan kesehatan.

14. Selalu Berhati-Hati Dimanapun Berada

Saat liburan, ada baiknya kamu selalu waspada. Liburan memang bertujuan untuk bersenang-senang, namun jangan sampai kamu jadi incaran orang jahat.

Kalau kamu menyewa kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, ingatlah untuk memperhatikan lalu lintas. Berkendara di luar negeri, harus siap-siap dengan rambu dan aturan lalu lintas yang berbeda.

15. Ramah dan Selalu Bertanya

Saat liburan, kita harus menjaga tata krama. Berkomunikasilah dengan warga setempat, sekadar bertanya arah jalan, membeli makan atau minum, atau sekedar melemparkan senyuman ikhlas.

Bersikaplah sopan, santun, mematuhi aturan dan menjaga lisan kamu. kata pepatah “Lain padang, lain belalang”. Hal yang biasa di tempat asal kita, bisa jadi tidak sopan bagi warga setempat.

Kalau kamu bersikap baik, tentu orang lain akan bersikap baik juga kepada kamu. Anda sopan kami segan. Mereka pun akan senang hati untuk membantu dan menolong kalau kita sedang kesusahan. Atau mungkin bisa jadi, mereka malah menjadi teman.

16. Selalu Tanya Harga Sebelum Membeli

Hindari membeli sesuatu sebelum mengetahui harga produk atau jasa. Umumnya harga produk atau jasa di lokasi wisata lebih mahal dibandingkan lokasi umum. Jangan sampai kamu sudah terlajur beli dan saat pembayaran kamu tidak memiliki uang yang cukup atau bahkan cadangan uang kamu sampai terpakai dan berakibat fatal pada itinerary liburan kamu.

17. Jangan Lupa Beroda dan Beribadah

Persiapan saat liburan terakhir dan yang terpenting adalah Berdoa. Ingat, Doa dan Ibadah adalah yang paling utama. Jadikan setiap aktivitas dan perjalanan kita bernilai ibadah, agar kita mendapatkan keuntungan dunia dan akhirat.

Jika Berminat Wisata lokal Sumatera kamu bisa menghubungi Tour Medan atau tripjuara.id untuk wisata domestik & internasional.

You may also like...

(0) Comments

  1. Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi di 2020

    […] Baca Juga : “Persiapan Yang Harus Dilakukan Saat Pergi Liburan“ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
0813-6659-3065