Cara Menabung Untuk Jalan Jalan Ala Backpacker Ke Luar Negeri

Cara Menabung untuk jalan jalan

Saat ini traveling atau jalan jalan telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Agar bisa terus melakukan traveling, ada banyak sekali cara menabung untuk jalan jalan yang bisa kamu lakukan.

Dengan menabung banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi. Seperti liburan ke Bali, liburan ke luar negeri seperti Korea, atau bahkan liburan ala mahasiswa seperti study tour.

Cara menabung juga ada banyak jenisnya, seperti dengan menjual aset pribadi yang sudah tidak digunakan lagi, bekerja serabutan seperti mengajar private, atau bahkan menyisihkan uang harian atau bulanan dari orangtua kamu.

Berikut kami rangkum beberapa cara menabung untuk jalan jalan ala backpacker. Artikel ini bukan hanya mengunjungi destinasi favorit di dalam negeri, bahkan sampai keluar negeri.

1. Menjual Aset/Barang Yang Sudah Tidak Di Gunakan

Menjual Barang

Tanpa menyadarinya anda mungkin duduk di atas tumpukan uang tunai. Furnitur, buku dan pakaian kamu mungkin banyak yang sudah tidak digunakan lagi dan bisa dijual untuk menghasilkan uang. Kamu bisa menjualnya secara online dengan mudah seperti melalui eBay, Olx, bahkan Facebook.

Dari pada banyak barang-barang kamu menumpuk dan tidak bernilai, lebih baik kamu pilah pilih yang bisa dijual untuk keperluan traveling kamu.

2. Mengajar Private (Kursus)

Mengajar Private

Apakah Anda bisa memainkan alat musik? atau mungkin Anda menguasai bahasa asing? Bagus. Pada dasarnya, jika Anda adalah seorang yang ahli dalam bidang tertentu seperti mahir bermain biola, mahir berbahasa Arab atau bahkan mahir bermain bola. Anda dapat menghasilkan uang dari kegiatan mengajar/private sesuai keahlian Anda.

Anda bisa mempromosikan keahlian Anda melalui media sosial, brosur atau dari mulut ke mulut. Tidak usah malu, hal ini merupakan salah satu cara paling cepat dan efektif dalam mengumpulkan uang.

3. Menyewakan Kamar

Menyewakan Kamar

Jika Anda seorang pemilik rumah, selamat! Itu sebuah prestasi tersendiri. Lebih baik lagi, jika Anda memiliki kamar kosong, Anda harus menyewakan kamar itu untuk mendapatkan uang lebih. Ini adalah cara terbaik untuk mengumpulkan uang dengan cepat untuk perjalanan Anda.

Anda bisa mempromosikan kamar atau rumah Anda di beberapa platform seperti B&B atau RedDoorz. Tentunya dengan cara ini Anda akan lebih cepat dalam mengumpulkan uang, namun Anda juga harus sadar bahwa menyewakan kamar dirumah Anda akan sedikit mengganggu privasi Anda.

4. Makan Di Rumah

Makan Dirumah

Sepertinya terlihat sepele, namun ternyata jika Anda ingin menabung untuk jalan jalan, sebaiknya Anda mencoba untuk mengurangi makan diluar.

Usahakan semaksimal mungkin sebelum berpergian untuk makan dirumah, atau membawa bekal, karena cara ini begitu efektif untuk menekan pengeluaran dan cepat untuk mengumpulkan uang.

Jangan malu untuk membawa bekal, selain lebih hemat, kamu juga akan lebih sehat dan terjaga.

5. Sisihkan Gajimu & Berkomitmenlah

Jika kamu benar-benar ingin menabung untuk jalan-jalan kamu harus benar-benar berkomitmen. Jika kamu seorang karyawan atau pengusaha cobalah untuk menyisihkan uang atau gaji yang kamu peroleh diawal.

Sisa dari uang yang kamu sisihkan gunakan semaksimal mungkin untuk keperluan kamu sebulan kedepan. Mulailah berkomitmen, kamu bisa mencoba menyimpan uang kamu di celengan, menitipkan kepada orangtua, memasukkan ke rekening tanpa atm agar membantu kamu lebih komitmen dalam manajemen keuangan.

6. Belanja di Pasar Tradisional

Mungkin Anda lupa, bahwa berbelanja di Pasar Tradisional  jauh lebih murah dibandingkan berbelanja di swalayan atau supermarket. selain dapat di tawar, dengan berbelanja di pasara tradisional kamu tidak akan dibebankan pajak yang tinggi, juga dengan berbelanja di pasar tradisional kamu ikut berpartisipasi membantu masyarakat menengah kebawah.

Demikian cara menabung yang dapat Kami rangkum untuk Anda pembaca setia Tour Medan, selamat menabung & semoga bermanfaat.

You may also like...

(1) Comment

  1. Persiapan Yang Harus Dilakukan Saat Pergi Liburan

    […] Menabung & […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by