Wisata di Langkat yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata di Langkat Lau Kulap
85

Langkat adalah sebuah kabupaten di ujung Sumatera Utara. Kabupaten Langkat berbatasan langsung dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Jika kita membahas Langkat tentunya tidak bisa dipisahkan dari pariwisatanya yang sangat menawan. Ada banyak wisata di Langkat yang bisa bahkan wajib untuk anda kunjungi.

Bahkan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang juga dikenals ebagai “jantung dunia” juga berada di wilayah Kabupaten Langkat dan Aceh. Berikut kami sajikan daftar lokasi wisata di Langkat yang wajib anda kunjungi.

1. Bukit Lawang

Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah kawasan hutan hujan tropis dengan kontur tanah naik-turun. Aktifitas yang wajib anda lakukan di Bukit Lawang adalah jungle trekking dan river tubbing. Bukit Lawang juga dikenal dengan “Part Of Leuser National Park”.

Bukit Lawang juga menjadi habitat dari beragam satwa yang hidup secara liar. Misalnya, Orangutan, Siamang, Burung Merak bahkan Badak Sumatera. Selain itu, anda juga bisa bertemu dengan Thomas. Thomas ini adalah leaf – monkey nya Bukit Lawang yang lincah, kecil, mungil. Kamu bisa memanjakan Thomas dengan memberi makan(feeding), karena Thomas sejatinya adalah monyet yang ramah.

Berminat menikmati paket wisata Bukit Lawang ? klik disini

2. Tangkahan

The Hidden Paradise

Wisata Tangkahan di kabupaten Langkat sering dikenal juga dengan “The Hidden Paradise in Sumatera”. Sebutan ini dibuat karena Tangkahan di Kabupaten Langkat letaknya tersembunyi dan menawarkan keindahan memukau. Tangkahan terletak di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat.

Lokasi wisata dekat dan berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Wisata Tangkahan memiliki luas area kurang lebih 17.000 hektar. Wisata Tangkahan Langkat adalah salah satu destinasi wisata paling favorite di Sumatera.

Berminat menikmati paket wisata Tangkahan ? klik disini

Baca Juga : “Paket Tour Danau Toba 2 Hari 1 Malam Penawaran Terbaik

3. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dikenal juga sebagai hutan hujan tropis Sumatra. Hutan ini sangat kaya dengan keanekaragaman jenis flora dan faunanya memiliki banyak spot lokasi wisata alam yang dapat dikunjungi.

Daya tarik TNGL berupa nuansa asri panorama alam hutan hujan tropis sumatera, keindahan alur sungai, kesejukan udara, keunikan tumbuhan dan atraksi satwa serta kesenian budaya masyarakat lokal yang kesemuanya akan memberikan kesan dan pengetahuan baru bagi yang mengunjunginya.

Lokasi utama tujuan wisata di Leuser yang bisa dikunjungi secara massal yaitu dari Bukit Lawang dan Tangkahan di Kabupaten Langkat Sumatera Utara disamping itu ada pula Hutan Wisata Gurah di Kabupaten Aceh Tenggara. Lokasi – lokasi  ini menyediakan fasilitas akomodasi wisata seperti transportasi, penginapan dan restoran.

4. Kolam Abadi

Wisata di Langkat selanjutnya adalah Kolam Abadi. Kolam Abadi terletak di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Lokasi ini berjarak sekitar 60 km dari kota Medan. Kolam Abadi memiliki air yang begitu jernih. Karena Jernihnya dari permukaan air anda bisa melihat sampai dengan kedasar air. Air di kolam ini tidak dalam dan tidak memiliki arus yang deras, namun jika anda khawatir anda bisa meminjam life jaket dari penglola lokais wisata.

Baca Juga : “10 Tempat Wisata Sejarah Populer Yang Ada di Medan

5. Air Terjun Teroh-Teroh

Dalam bahasa suku Karo, Teroh -Teroh berarti bawah – bawah, karena memang lokasi air terjun ini berda pada bagian bawah Kolam Abadi. Untuk mencapai Air Terjun anda akan diajak untuk melakukan body rafting dengan menelusuri aliran sungai. Perjalanan melalui body rafting ini berlangsung sekitar 30 menitan (tergantung kecepatan rombongan).

Body rafting cukup menguras tenaga, jika air sedang tenang, sesej=kali anda dapat berenang. Lelah itu pasti, sakan tetapi rasa lelah anda akan terbayarkan ketika tiba di air terjun Teroh-Teroh. Air terjun ini memang tidak begitu tinggi. namun sangat layak untuk anda kunjungi.

6. Pemandian Lau Kulap

Lau Kulap

Dengan durasi perjalanan 2-3 jam dari Kota Medan, melewati lokasi Kolam Abadi, Pemandian Lau Kulap sangat segar dan jernih. Pemandian Lau kulap saat ini sangat di gemari oleh berbagai kalangan, baik kaum muda maupun orang tua.

Tempat wisata ini cocok di gunakan untuk liburan bersama keluarga. Lokasinya yang sejuk dikarenakan Lau Kulap di kelilingi oleh pegunungan dan berada dekat dengan kawasan Tanah Karo, yang merupakan kawasan dataran tinggi di Sumatera Utara.

Baca Juga : “Rekomendasi Lagu Keren yang Cocok Menemani Saat Traveling

7. Arung Jeram Sei Wampu

Sungai Wampu atau sering dikenal Sei Wampu mengalir melintasi dua kabupaten di Sumatera Utara yaitu Kabupaten Karo di bagian hulu dan Langkat di bagian hilir. Start point Arung jeram di sungai Wampu berada di Marike.

Untuk komersial trip dengan 2,5 – 3 jam pengarungan menempuh jarak lebih kurang 13 km dimulai dari desa Cangkolan hingga finish di Pamah Durian. Sedangkan long trip section perjalanan masih dilanjutkan lagi hingga jembatan bohork dengan menempuh waktu 5 – 6 jam pengarungan dari Cangkolan.

Sungai Wampu menawarkan keindahan panorama yang unik dan sangat menarik. Selesai safety briefing oleh pemandu, tim baru diperbolehkan memulai pengarungan. Disini para wisatawan disunguhi pemandangan indah berupa lembah tebing batu yang dalam. Tebing di kiri kanan sungai membentuk canyon yang sunyi, hanya suara air sungai yang terdengan jelas memasuki lembah ini.

8. Masjid Azizi

Masjid ini adalah masjid tua dan melegenda peninggalan Kesultanan Langkat. masjid Indah ini terletak di Tanjung Pura Kabupaten Langkat.  Berdiri diatas tanah seluas 18.000 meter persegi, awal Pembangunan, dibangun masa Sultan Langkat yaitu Haji Musa pada tahun 1899 M. Masjid ini selesai dan diresmikan oleh putranya, oleh Sultan Abdul Azizi Djalil Rachmat Syah pada 13 Juni 1902M.

9. Air Terjun 24 Tingkat

Sesuai dengan namanya air terjun ini memiliki 24 tingkat. Dengan ketinggian air terjun yang beragam dari lima meter hingga air terjun tertinggi sekitar 30 meter. Untuk tiba di air terjun yang pertama setinggi lima meter, anda harus menempuh jarak sekitar empat jam dari kota Medan dan tiba di tepi Sungai Glugur yang mengalir di tepian Hutan Taman Nasional Gunung Leuser.

Setelah tiba di tepian sungai, anda juga harus kembali melanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri dua jalur alternatif yaitu menyusuri jalur sungai selama 15 menit atau menyusuri jalur perbukitan dengan jarak waktu yang sama. Setibanya di lokasi air terjun yang pertama, kelelahan anda berkendara dan berjalan kaki langsung terobati dengan dinginnya air terjun dan keindahan alamnya yang masih asri.

Untuk sampai ke lokasi air terjun yang ke 24, anda juga bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri perbukitan kawasan hutan dengan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan dan dipandu oleh warga sekitar.

Baca Juga : “Jenis jenis Pesawat Terbang Mulai Dari Jet, Komersil, Airbus

10. Rumah Pohon Habitat

Pohon Habitat Wisata di Langkat

Dengan biaya Rp 55.000 untuk roda 4 anda sudah bisa masuk dan menikmati pemandangan indah di Rumah Pohon Habitat di Kabupaten Langkat. Perjalanan menuju lokasi ini melewati kawasan Palaruga dan pemandian Lau Kulap.

Anda disarankan tidak menggunakan mobil type sedan atau mobil-mobil rendah saat mengunjungi lokasi ini. Selain dikarenakan jalannya yang belum di aspal, juga dikarenakan jalannya yang menanjak cukup tinggi.

satu lagi yang cukup disayangkan, saat ini lokasi ini sudah kurang terawat. Hal ini terlihat dari warna bangunan dan beberapa bagian yang sudah rusak.

Demikian informasi wisata di Langkat yang bisa kami sajikan. Jika Berminat Wisata lokal Sumatera kamu bisa menghubungi Tour Medan atau tripjuara.id untuk wisata domestik & internasional.

You may also like...

(0) Comments

  1. Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi di 2020

    […] Baca Juga : “Wisata di Langkat yang Wajib Anda Kunjungi“ […]

  2. Dokumen dan Persyaratan Apply Visa Jepang

    […] Baca Juga : “Wisata di Langkat yang Wajib Anda Kunjungi“ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
0813-6659-3065