Wisata Pasar Tradisional di Kota Medan

Pasar Tradisional Medan

Medan adalah Kota metropolitan yang dihuni oleh 2,9 juta jiwa penduduk. Besarnya jumlah penduduk kota Medan yang terbagi kedalam 17 kecamatan dan 151 kelurahan. Fenomena ini diikuti pula oleh besarnya jumlah pasar (Pajak dalam istilah masyarakat Medan) dalam hal ini khusunya pasar tradisional.

Beberapa pasar tradisional di Kota Medan  diantaranya Pasar Induk, Pasar Olympia, Pasar Sentral, Pasar Sambas, Pasar Sukarame, Pasar Simpang Limun dan pasar-pasar lainnya.  Pasar-pasar ini ada yang sudah buka sejak pukul 01.00 dini hari bahkan adapula yang buka sampai 24 jam.

Berikut kami ulas Pasar-pasar tradisional di Kota Medan :

1. Pasar Induk

Pasar Induk Medan

Pasar Induk Tuntungan yang berada di Pinggir kota Medan, tepatnya di Kelurahan Laucih Kecamatan Medan Tuntungan. Para pedagang yang saat ini berada di pasar Induk Sambo di relokasi ke Pasar Induk yang sudah disediakan Pemerintah Kota Medan.

2. Pasar Central

Pasar Central Medan

Pusat Pasar juga dikenal dengan nama Pajak Central.  Pasar Sengtral ini adalah sebuah pasar besar yang terletak di pusat pasar Kota Medan. Gedung Pusat Pasar pada masa kini terhubung dengan gedung Medan Mall, sebuah pusat perbelanjaan modern.

3. Pasar Sambas

Pasar Sambas Medan

Pasar Sambas adalah pasar yang banyak menjual berbagai alat kosmetik. Pusat perbelanjaan yang berada di jalan Sambas, berdekatan dengan Tugu Tirtanadi SM Raja.

4. Pasar Sukaramai

Pasar Sukaramai Medan

Pasar Sukaramai adalah pasar kecamatan tepatnya adalah pasar kecamatan Medan Area. Sukaramai adalah sebuah kecamatan yang terletak di Medan Area, dimana kawasan Sukaramai ini terletak di persimpangan jalan A.R. Hakim dan Jalan Sutrisno.

5. Pasar Simpang Melati

Pasar Melati Medan

Pasar Simpang Melati dikenal sebagai tempat perdagangan pakaian bekas. Lokasi ini menjadi lokasi favorit baru bagi pemburu pakaian bekas. lokasi ini sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan, dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota Medan.

6. Pasar Petisah

Pasar Petisah Medan

Pasar Petisah merupakan salah satu pasar tradisional yang cukup terkenal di Kota Medan. salah satu keistimewaan pasar ini terletak pada lokasinya yang berada di Pusat Kota Medan, sehingga memudahkan bagi pelancong untuk menjangkaunya.

Disamping itu, walaupun pasar ini terlihat besar seperti mall, setelah mengalami renovasi tahun 2000, namun nuansa pasar tradisionalnya masih sangat terasa.

7. Pasar Ikan Lama

Pasar Ikan Lama

Pasar Ikan Lama disebut juga “Pajak Ikan Lama” oleh warga Medan karena pajak itu berarti pasar menurut bahasa lokal Medan. tempat ini merupakan bagian dari sejarah kota Medan.

Awalnya tempat ini merupakan pasar ikan yang komoditinya di datangkan dari Belawan dengan kapal tongkang melalui sungai Deli. namun, ketidakmampuan sungai Deli untuk dilewati kapal-kapal tongkang, akhirnya pasar ini berubah menjadi pusat kain dan pakaian murah.

8. Pasar Simpang Limun

Pasar Simpang Limun Medan

Pasar ini merupakan salah satu pasar tradisional yang cukup tua dan menjadi merek dagang Kota Medan. terletak di persimpangan jalan Sisingamaraja dan Jalan Sakti Lubis. Saat ini pasar ini sedang dalam tahap penataan untuk mengatasi kemacetan lalulintas akibat kesibukan pasar ini.

Demikian daftar pasar  tradisional yang ada di Kota Medan berdasarkan pencarian & pengalaman kami. semoga pembaca setia tour medan mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat