Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Traveling No. 1

Menjaga kesehatan saat traveling
83

Tips Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Saat Traveling. Hai, para pelancong! Sudah gak sabar nih mau traveling ke berbagai tempat wisata? Tapi sebelum itu Kamu harus memperhatikan kondisi dan menjaga kesehatan saat traveling terlebih dahulu. Kesehatan merupakan hal wajib yang harus dimiliki seseorang saat bepergian juga tidak diperuntukkan bagi Anda para pelancong.

Kesehatan adalah salah satu harta yang harus kita jaga. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan membahas tentang Cara Mencegah dan menjaga kesehatan saat traveling.

Asupan Makanan

Tips menjaga kesehatan saat traveling pertama adalah asupan makanan. Makanan sangat penting dalam fungsi tubuh agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Buat kamu yang bepergian atau sedang bepergian, cari makanan yang sesuai dengan kebutuhan kamu tetap sesuai dengan kebutuhan travellingmu. Ada beberapa makanan yang kami berikan untuk Anda yang sedang bepergian.

1. Makanan Karbohidrat

Agar kamu tidak cepat makan saat bepergian kamu harus membeli makanan yang mengandung nasi, gandum, kentang, ubi atau roti. Karbohidrat penting dikonsumsi karena merupakan sumber energi tubuh.

Energi ini yang akan kamu gunakan saat bepergian agar kamu tetap terjaga dan tidak mudah lelah. Jadi, minta kamu mengonsumsi karbohidrat dalam sehari saat bepergian ya traveler!

2. Makanan yang Mengandung Protein

Protein merupakan zat gizi yang memiliki peran penting untuk mencegah kamu sakit. Protein membentuk sel-sel tubuh yang akan mengatur kamu untuk tetap sehat. Makanan yang mengandung protein yang wajib dikonsumsi saat bepergian yaitu telur, ikan, yogurt atau cemilan kacang-kacangan yang bisa dimakan saat bepergian. Akan menghindari kamu sakit saat bertravelling.

3. Sayur-sayuran

Sayuran baik dikonsumsi karena kandungan nutrisi yang diperlukan dapat dikeluarkan kesehatan tubuh. Sedangkan jenis sayuran yang bisa dikonsumsi yaitu brokoli, kembang kol, jamur, bayam, jagung. Kamu juga bisa mencampur beberapa jenis sayuran jadi menambah selera kamu untuk membelinya.

4. Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga sangat cocok dikonsumsi saat bepergian. Agar dapat membantu Anda mencegah saat melawan Anda sedang sakit. Buah-buahan yang bisa kamu konsumsi seperti buah pisang, apel dan bit.

5. Air Putih

Cara menjaga kesehatan saat traveling selanjutnya adalah perhatikan asupan air putih. Cairan merupakan salah satu hal penting yang harus ada di dalam tubuh kita. Selama bepergian, lakukan kamu minum air putih yang cukup karena kamu bisa melakukan banyak aktivitas seperti jalan kaki, bergerak dan lainnya yang bisa menguras tenaga banyak dan keringatmu membuat tubuhmu butuh cairan. Jadi, bawa selalu kamu bawa air putih saat bepergian dan jangan lupa meminumnya.

Beberapa asupan makanan selama Anda bepergian. Pastikan juga untuk makan tiga kali sehari dan jangan sampai makan pagi kamu juga makan waktu makan. Jangan jajan atau makan sembarangan saat bepergian ya wisatawan agar kamu tetap sehat dan dapat terus melanjutkan aktivitas travellingmu.

Baca Juga: ” Paket Wisata Sabang dari Medan 4 Hari 3 Malam atau Custom

Olahraga

Saat kamu bepergian, kamu pasti akan melakukan banyak aktivitas sehingga kamu harus menyiapkan tubuhmu agar tidak terkejut dan tetap fit. Cara menjaga kesehataan saat traveling lainnya  yaitu dengan melakukan olahraga.

Olahraga yang bisa dilakukan memungkinkan olahraga membuat Anda melepaskan yang berlebihan seperti lari, jogging atau berjalan kaki selama 15 menit atau melakukan yoga di tempat tinggalmu saat bepergian. Agar tubuhmu tetap fit dalam melakukan aktivitas.

Sebelum Berangkat Travelling

Buat kamu yang ingin bepergian ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan tentunya ini menjadi bagian dari cara menjaga kesehatan saat traveling, seperti:

1. Tentukan destinasi dan jadwal traveling

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah kamu harus tahu kamu mau bepergian Kemana dan waktu yang tepat untuk traveling. Lalu tentukan jadwal pertemuanmu, Setelah mengetahui tujuan dan jadwal travellingmu maka akan memudahkanmu mempersiapkannya.

2. Pengepakan

Pengepakan merupakan hal yang penting yang harus dipersiapkan secara lengkap dan matang agar kamu bepergian nanti kamu tidak bingung mencari barang-barangmu. Untuk itu tentukan juga jadwal kapan pun kamu akan mengepak agar tidak membuatmu terburu-buru.

Jika kamu melompat-buru maka akan membuat banyak barangmu yang ketinggalan. Untuk memudahkan kamu mengepak maka biarkan kamu membuat daftar bawaan. Bawa barang sesuai dengan tujuan dan kebutuhanmu jadi kamu tidak berhasil dalam kebutuhan.

Misalnya jika kamu akan bertravelling ke tempat yang dingin, bawa kamu bawa jaket tebal atau jika kamu ke tempat yang panas maka sesuaikan dengan pakaian yang cocok dipakai saat musim panas itu. Waktu yang tepat untuk pengepakan yang diambil sebelum berangkat kamu sudah mulai mengepak barang-barangmu agar kamu lebih santai dan tak perlu barang penting yang terlewat untuk dibawa.

3. Membawa bekal makanan atau stok makanan

Membawa stok makanan menjadi pilihan yang baik. Jika kamu menerima di jalan saat bepergian maka kamu dapat mengumpulkannya. Apalagi jika saat bepergian kamu susah menemukan restoran / tempat makan.

4. Obat-obatan Membawa

Kamu tidak pernah tahu kamu bisa sakit atau tidak selama kamu bepergian. Oleh sebab itu untuk berjaga-jaga siapkan obat-obatan yang biasa kamu pakai saat sakit.

5. Jangan Lupa Dokumen Penting

Ini jangan sampai lupa untuk kamu bawa saat bepergian seperti paspor, cetak pemesanan tiket pesawat atau kereta, cetak pemesanan hotel dan dokumen penting lainnya. Jadi, jangan lupa mengecek dokumen-dokumen ini sebelum kamu berangkat ya.

6. Menyiapkan Uang

Uang merupakan barang penting yang harus disiapkan. Karena sepanjang perjalanan kita pasti akan membayar setiap membeli sesuatu. Jika kamu bepergian di luar negara kamu, lakukan kamu sudah menukar mata uang sesuai dengan negara yang kamu kunjungi.

Baca Juga: ” JADWAL OPEN TRIP TANGKAHAN 2020 MULAI MEDAN

Saat Bepergian

Cara lain menjaga kesehataan saat traveling, yaitu:

1. Cek Kamar Hotel Saat Baru Tiba

Saat kamu tiba di tempat tujuanmu, hal yang pertama kali kamu lakukan adalah tempat tinggal yang akan kamu tempati bisa tempat penginapan juga hotel. Saat kamu sampai di hotel sebagai tempat penginapan, kamu harus mengecek ke ruangan sebelumnya.

Dapatkan fasilitasnya baik atau jika tidak laporkan kepada petugas kamar sehingga membuat kamu nyaman tinggal di sana. Saat kamu keluar dari kamar, kunci pintumu rapat-rapat dan jangan sembarangan beri nomor kamarmu dengan orang lain.

2. Menjaga Tata Krama

Tata karma sangat penting untuk kamu juga kemana pun kamu pergi seperti halnya sopan, santun dan menaati peraturan di wilayah tersebut. Karena tidak jarang kamu akan membutuhkan mereka untuk meminta jalan atau hal lain. Jika kamu mengizinkan tata krama maka orang-orang akan membantu kamu dan mendukung kamu.

3. Jangan Malu Bertanya

Saat bepergian ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi, tentu saja akan terasa bagi Anda. Membutuhkan kamu arah dan petunjuk agar kamu tidak tersesat. Maka jangan malu untuk bertanya kepada penduduk sekitar agar kamu bisa sampai ke tempat tujuanmu. Bertanyalah dengan bahasa yang santun dan dapat dipahami.

4. Menikmati Momen

Saat bepergian, bantu kamu menikmati momenmu. Jangan terlalu sibuk dengan gadgetmu, bisa sesekali mengabadikan momen namun jangan terlalu sering tidak bisa menikmati momen tersebut. Nikmati suasana-suasana travellingmu ya traveler!

5. Berbelanja

Saat kamu bepergian ditawarkan ke tempat-tempat yang menjual barang-barang khas dari tempat itu maka kamu pasti akan langsung tergiur. Sebaiknya kamu jangan langsung membeli, para penjual di sana bisa tahu mana wisatawan asing dan mana penduduk lokal.

Tidak jarang yang akan menaikkan harga untuk wisatawan asing. Karena itu, kamu pandai dalam menawar, hargakan selain itu, anggaran yang kamu harus percaya oleh hawa nafsu jadi kamu ingin membeli semuanya.

6. Makanan dan Kuliner

Selain belanja, wisata kuliner menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan para pelancong. Oleh karena itu, kamu harus memilih tempat kuliner yang pas kamu tidak menyesal ketempat itu. Pastikan juga kamu menyimpan makanan yang sehat agar kamu tetap fit dalam melanjutkan perjalananmu.

Baca Juga: ” Daftar Bandara Terbesar dan Modern di Indonesia Tahun 2020

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Biasanya musim ini mendatangkan berbagai penyakit. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan kita di Musim Hujan. Cara menjaga kesehataan saat traveling di musim hujan adalah  dengan cara:

1. Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Musim hujan tentu akan membuat suasana sekitar menjadi dingin. Oleh sebab itu, buatlah tubuhmu agar tetap hangat tidak terserang flu dan demam. Seperti memakai pakaian hangat dan minum air hangat.

2. Mandi Air Hangat Jika Terkena Hujan

Jika kamu suka hujan, lakukan kamu langsung mandi air hangat dan cuci rambutmu agar kamu tidak demam dan terserang flu. Saat mandi air hangat tambahkan beberapa tetes antiseptik untuk menghilangkan kuman.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Saat Musim Hujan membuat kegiatan kita terhambat dan membuat kita selalu mengantuk. Oleh sebab itu menyangkut kualitas tidurmu baik ya, jangan terlalu lama tidur atau terlalu kurang 7-9 jam.

4. Berolahraga

Siapa pun yang kamu tidak bisa melakukan apa-apa jika musim hujan. Kamu bisa berolahraga di tempat penginapan kamu dengan melakukan olahraga ringan seperti senam, lari-lari kecil ditempat seperti yoga. Tetap badanmu tetap bugar.

5. Menjaga asupan makanan

Hal terpenting dari makananmu adalah kompilasi musim hujan. Pastikan nutrisimu terpenuhi ya musafir agar kompilasi hujan reda kamu bisa kembali beraktivitas. Makanan yang bisa kamu makan seperti nasi, nasi, kentang atau roti ditambah dengan protein seperti ikan dan telur, buah atau sayuran. Dan selalu mengonsumsi air hangat ya.

Demikian artikel menjaga kesehatan saat traveling semoga bermanfaat.

You may also like...

(0) Comments

  1. Cara Memilih Kamera Untuk Traveling yang Bagus dan Simpel

    […] Baca Juga : “Tips Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Saat Traveling“ […]

  2. Rekomendasi Lagu Keren yang Cocok Menemani Saat Traveling

    […] Baca Juga : “Tips Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Saat Traveling” […]

  3. Objek Wisata di Pulau Nias yang Wajib Anda Kunjungi

    […] Baca Juga : “Tips Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Saat Traveling“ […]

  4. Jasa Sewa Bus Pariwisata Medan Murah Terbaru 2020

    […] Baca Juga : “Tips Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Saat Traveling“ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
081366593065