Perjalanan Bukit Lawang Medan Wisata Unggulan Sumatera Utara 2020

Wisata Bukit Lawang Medan
90

Perjalanan Bukit Lawang Medan Wisata Unggulan Sumatera Utara – Bukit Lawang merupakan suatu habitat alami bagi beberapa jenis satwa liar. Kawasan ini mempunyai wilayah jelajah tertentu serta beraneka ragam flora dan fauna. Sebagian besar wilayah Bukit Lawang merupakan hutan hujan tropis.

Kawasan wisata alam ini secara umum didominasi dengan tumbuhan sejenis Dipterocarpaceae, Euphorbiacae, Myrtaceae, Meliaceae, dan Burseracea. Pohon besar dengan diameter lebih dari satu meter masih terletak di jalur yang gampang dicapai.

Bukit Lawang Langkat, Bukit Lawang Binjai

Kawasan Bukit Lawang sendiri terletak di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumut. Kawasan tersebut merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser.

Jika Anda ke Bukit Lawang menempuh perjalanan dari Kota Medan, lokasinya akan cukup jauh, yaitu sekitar 120 km. Jika Anda menempuh perjalanan dari Barat Laut Binjai, jaraknya sekitar 68 km. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir untuk masalah transportasi. Sebab, Anda bisa ke sana dengan mudah menggunakan kendaraan apa saja, baik transportasi umum atau pun pribadi.

Bukit Lawang Hotel

Penginapan dan Hotel Wisata Bukit Lawang Medan
Penginapan dan Hotel Wisata Bukit Lawang Medan

Apabila Anda memiliki rencana untuk berwisata ke Bukit Lawang Medan dan ingin mengetahui tentang hotel atau penginapan murah di sana, di bawah ini terdapat beberapa daftar penginapan yang Anda butuhkan untuk tarif per malamnya:

– Penginapan Wak Ngah di Jalan Orangutan dengan tariff Rp 40.000

– Bukit Lawang Alika Guest House tariff sebesar Rp 50.000

– Rain Forest Guest House di Jalan Orangutan, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000

– Irwan Homestay & Trekking            di Desa Timbang Jaya, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 75.000

– Fido Dido Bukit Lawang di Jalan Orangutan, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp275.000

– Batu Mandi Guest House, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 350.000

– Tangkahan Inn di Batang Serangan, mulai dari Rp 75.000 – Rp 350.000

Perjalanan Menuju Bukit Lawang

Jika Anda memulai perjalanan ke Bukit Lawang Medan dari Bandara Kualanamu atau dari hotel-hotel di mana Anda bermalam di kota Medan, dapat Anda menyewa mobil sebagai kendaraan menuju Kawasan Bukit Lawang. Harga sewa mobil tersebut berkisar antara Rp.400.000 hingga Rp.500.000.  Tarif sewa mobil ini tidak termasuk bensin, tetapi sudah termasuk biaya sopir untuk mengantar Anda ke sana.

Baca Juga : Bukit Lawang Tour Package 2 Days & One Day Include Jungle Trekking

Selain itu, untuk menghemat biaya transportasi, Anda juga bisa menggunakan bus dari Terminal Bus Pinang Baris. Setelah itu, Anda naik bus jurusan Pinang Baris ke Bukit Lawang. Tarifnya hanya sekitar Rp. 50.000 saja dengan lama perjalanan 2,5 hingga 3 jam. Di sana, bus beroperasi mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

Jika Anda melakukan perjalanan ke Bukit Lawang dari Kota Binjai, Anda akan melewati persimpangan Jalan Gatot Subroto dan melewati jalan Binjai – Kuala. Apabila Anda menggunakan transportasi bus, hanya perlu menempuh jarak sekitar 1 km saja untuk bisa sampai ke pintu masuk kawasan Bukit Lawang.

Setelahnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jika Anda tidak ingin terlalu lelah, Anda bisa menyewa becak dengan tarif hanya Rp.5.000 saja untuk setiap orang pengguna.

Ecolodge Bukit Lawang

Ecolodge Bukit Lawang Penginapan Medan
Ecolodge Bukit Lawang Medan

Mencari hotel di Kota Binjai yang letaknya strategis untuk menginap di Bukit Lawang Medan sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Salah satu alternatif yang paling tepat adalah Ecolodge Bukit Lawang. Di Ecolodge Bukit Lawa, Anda bisa mendapatkan akses ke segala hal yang bisa ditemui di kawasan wisata alam itu.

Lokasi Ecolodge yang strategis menawarkan akses yang mudah untuk Anda menuju destinasi wisata yang wajib dikunjungi di kota Binjai. Di hotel ini tersedia fasillitas berupa taman dan teras yang bisa digunakan para wisatawan untuk berjemur. Selain itu, juga tersedia restoran dan perpustakaan, serta fasilitas WiFi gratis.

Di setiap kamar dilengkapi dengan kipas angin, meja, dan juga kelambu. Juga menyuguhkan keindahan taman yang bisa dilihat dari balik jendela kamar. Kamar mandi pribadi di dalam kamar disediakan handuk, peralatan mandi, dan juga bathtub.

Anda juga bisa menyewa sepeda di hotel ini. Area di sekitar Ecolodge merupakan kawasan olahraga yang sangat populer di kalangan para wisatawan.

Aktivitas dan 7 Kegiatan Seru

Menikmati Buah saat Jungle Tracking Bukit Lawang Medan
Menikmati Buah saat Jungle Tracking Bukit Lawang Medan

Jika Anda berwisata ke Bukit Lawang Medan, ada satu aktivitas seru yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu Jungle Trekking. Aktivitas menjelajahi hutan ini merupakan suguhan utama dari objek wisata alam Bukit Lawang yang ada di Kota Binjai. Maka dari itu, jika berwisata ke Bukit Lawang, pastikan Anda sedang dalam kondisi fisik yang baik, serta jangan lupa membawa berbagai peralatan untuk melakukan jungle trekking.

Baca Juga : PAKET ONE DAY TRIP BUKIT LAWANG DAN TOUR ORANG UTAN 2020

Tak hanya menikmati keindahan hutan hujan tropis saja, Anda juga bisa melakukan berbagai aktifitas menarik lainnya, seperti:

Jungle Trekking

Trekking di tempat wisata alam ini akan memberikan tantangan tersendiri. Sebab, kondisi medan yang cenderung berlumpur, juga kontur tanah yang tidak rata akan membuat adrenalin Anda terpacu.

Rafting dan River Tubing

Untuk menikmati aktivitas ini, pastikan Anda memiliki peralatan rafting berupa perahu karet. Atau Anda bisa menyewanya beserta ban truk besar atau dayung untuk river tubing. Peralatan ini disewakan dengan tarif Rp.50.000  hingga Rp.75.000.

Melihat Satwa di Habitat Aslinya

Adalah hal umum jika Anda menyaksikan satwa di taman safari atau kebun binatang. Namun, lain halnya jika Anda melihat langsung di habitat aslinya, yaitu Bukit Lawang Medan. Di mana, ada sensasi tersendiri jika melihat langsung di hutan, habitat asli hewan langka itu.

Di tambah lagi, Anda bisa bayangkan bagaimana jadinya jika binatang-binatang buas itu tiba-tiba muncul di dekat Anda, rasa senang dan takut sekaligus akan memberikan pengalaman tersendiri.

Berinteraksi dengan Orangutan

Di kawasan wisata alam Bukit Lawang tidak terdapat tempat penangkaran dan feeding station untuk memberi makan orangutan bagi para wisatawan. Hal itu membuat wisatawan harus ekstra sabar agar dapat bertemu dan berinteraksi dengan hewan-hewan langka di sana.

Akan tetapi, Anda tetap bisa memberi makan secara langsung untuk orangutan di sana. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dan menjaga jarak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Caving

Anda juga Caving di kawasan wisata alam Bukit Lawang karena lokasinya tidak jauh dari pintu masuk.

Baca Juga : JADWAL TOUR OPEN TRIP BUKIT LAWANG 2020 START MEDAN

Mandi Dibawah Air Terjun

Aktivitas yang satu ini tak boleh ketinggalan. Anda bisa menghilangkan letih setelah menjelajahi luasnya hutan Bukit Lawang dengan air segar dari aliran Sungai Bahorok.

Berburu Souvenir

Tak lengkap rasanya jika berwisata tidak membeli souvenir. Setelah melakukan sejumlah aktivitas seru, manjakan mata Anda dengan berburu souvenir menarik khas Bukit Lawang. Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan untuk teman atau keluarga yang tidak ikut berwisata ke sana.

Demikianlah ulasan mengenai Bukit Lawang Medan. Anda tertarik berkunjung ke sana?

Sumber : tourmedan.com “North Sumatera Specialist Travel Agent

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
081366593065