Cara Menjadi Travel Blogger Sukses Dengan Cepat 2020

cara menjadi travel blogger
83

Berbicara tentang cara menjadi travel blogger sukses, tentu ada beberapa point penting yang harus anda tau. Menjadi traveller adalah hal yang menyenangkan, melepas penat serta lelah sambil menikmati objek wisata adalah hal yang worth it untuk di lakukan. Apalagi jika Anda hobi untuk mendokumentasikan perjalanan Anda, adalah hal yang menarik sekaligus menguntungkan untuk Anda. Menceritakan perjalanan dengan menarik biasanya di sebut dengan travel blogger.

Kini, menjadi travel blogger sudah menjadi sebuah profesi loh, keliling dunia dengan di bayar adalah hal yang sangat di impikan semua orang pastinya. Tetapi, menjadi travel tidak semudah di bayangkan juga, jika Anda ingin mencobanya, Anda harus mempertahankan ke-eksistensian cerita Anda ataupun dokumentasi Anda. Tenang saja, pada artikel ini akan di sajikan beberapa cara menjadi travel blogger yang sukses dengan cepat.

CARA MEMULAI MENJADI TRAVEL BLOGGER

1. Banyak membaca referensi.

Ketika Anda membaca pastinya Anda juga akan belajar, Anda bisa memulai dengan membaca beberapa blog tentang cerita perjalanan seseorang, dari situ Anda dapat menangkap beberapa “ilmu” yang bisa Anda terapkan di blog Anda nantinya. Tak hanya bacaan tentang travelling, Anda juga sebaiknya juga banyak membaca tentang topik manajemen, bisnis, sejarah, bahkan biografi. Topik-topik ini sangat lah bermanfaat jika di aplikasikan dengan tepat pada blog Anda.

2. Berpikir berbeda.

Hal ini juga sangat penting untuk di perhatikan, pastinya Anda sangat mau jika blog Anda banyak di kunjungi orang-orang, untuk itu Anda juga harus memikirkan bagaimana cara agar terlihat “berbeda” dari blog-blog lainnya, ntah itu dari segi penulisan, dari segi konten, atau dari segi animasi. Anda harus mulai memikirkan ide ide tersebut dan jangan lupa untuk menjadikan blog Anda terlihat nyaman untuk di kunjungi dan dibaca.

3. Investasi untuk blog.

Untuk para first timer travel blogger, pasti mengeluarkan usaha lebih banyak, baik dalam bentuk material ataupun tenaga. Invesatsi untuk blog Anda cukup di perlukan jika ingin blog Anda tetap eksis, contohnya seperti Anda bisa mnyewa graphic designer untuk men design blog Anda ataupun mengedit video perjalanan Anda, tentunya dengan yang bantuan para ahli pastinya hasilnya jauh lebih baik dan lebih bagus. Hal ini juga pasti membuat kerjaan Anda lebih mudah, dan Anda bisa lebih focus dengan topik yang Anda kuasai.

4. Promosi akun.

Bagian terpenting adalah bagian promosi. Anda harus sering-sering mempromosikan akun blog Anda atau channel blog Anda di social media, atau komunitas-komunitas traveler. Anda bisa meminta bantuan dari teman-teman Anda untuk ajang promosi, dan yang terpenting untuk jangan malu ketika Anda promosi untuk blog Anda,

5. Tetap belajar.

Usaha konstan yang bisa Anda lakukan adalah tetap belajar dan tetap berusaha. Anda harus membuka diri untuk kritik-kritikan agar Anda dapat berusaha memberikan yang terbaik untuk blog Anda. Jangan cepat senang jika banyak yang menyukai blog Anda, dan jangan cepat sedih jika belum banyak yang mengunjungi blog atau channel Anda. Tetap berusaha dan tetap belajar jika masih ada yang kurang dalam aspek apapun.

TIPS CARA MENJADI TRAVEL BLOGGER

1. Konten Yang Bermanfaat

Tak hanya soal menceritakan perjalanan travelling Anda, Anda juga bisa membuat artikel yang bermanfaat seperti tips dan trik saat berpergian jauh. Barang-barang apa saja yang di butuhkan saat berlibur di musim dingin, bahkan Anda bisa membuat artikel yang memuat system trasportasi apa aja yang ada di negara yang akan di kunjungi. Tentunya artikel-artikel seperti ini sangat bermanfaat untuk para traveler apalagi untuk para first timer.

2. Cari tahu ciri khusus blog Anda.

Hal ini penting untuk di ketahui agar para pembaca blog Anda senang dengan tulisan Anda dan tidak mudah merasa bosan. Kembangkan terus ciri khas Anda, ntah itu dalam hal salam pembuka, cara penyampaian ataupun topik konten yang di buat.

3. Cari tahu selera pembaca.

Anda harus banyak membaca atau mencari tau di grup-grup komunitas traveller tentang apa saja yang lagi tren untuk saat ini, hal ini bisa membuat ide ide Anda muncul. Anda juga harus memperhatikan audiensi para pengunjung blog Anda, mungkin Anda bisa memilih opsi untuk membuka kotak saran atas konten apa yang audiensi Anda inginkan.

4. Kombinasikan dengan berbagai konten.

Anda bisa bekerja sama dengan berbagai produk untuk membuat suatu konten, biasanya konten kolaborasi terlihat semakin menarik apalagi jika bermanfaat. Kolaborasikan juga blog Anda dengan konten animasi atau video agar lebih menarik pembaca.

 

KEUNTUNGAN MENJADI TRAVEL BLOGGER

1. Hobi menulis dan travelling adalah kombinasi yang pas

Jika Anda suka menulis sekalian liburan, hal ini menjadi kombinasi yang menyenangkan. Apalagi jika tulisan Anda sudah sangat terkenal, Anda bisa dibayar untuk menulis dan tentunya travelling tanpa biaya. hal ini tentunya cara menjadi travel blogger dengan mudah.

2. Tentunya travelling ke tempat baru

Kesempatan menjadi travel blogger membuat kesempatan Anda untuk melancong ke berbagai tempat semakin besar. Hal ini juga di perlukan untuk memperbanyak konten blog Anda.

3. Menjelajah ke luar negeri

Travelling ke luar negeri adalah dambaan setiap travel blogger, selain memperbanyak pengalaman, Anda juga bisa membuat artikel tentang tips dan trik ketika berpergian ke luar negeri. Tentunya artikel ini sangat menarik pembaca dan bermanfaat.

4. Mendapat kenalan baru

Ketika Anda melancong ke suatu tempat baru, kesempatan Anda untuk berkenalan dengan orang lain semakin besar. Anda bisa mendapatkan teman dari travelling dan tentunya meningkatkan relasi Anda. Menyenanagkan bukan?

PENGALAMAN MENJADI TRAVEL BLOGGER

Dikutip dari Suara.com, pengalaman cara menjadi travel blogger bagi Febrian sendiri tidak semuanya berjalan dengan mudah. Banyak rintangan yang harus dia hadapi. Febrian sendiri sudah melalang buana ke beberapa negara dan memualainya ketika dia masi SMP. Bromo menjadi destinasi pertama kali yang Febrian kunjungi.

Febrian sendiri mengatakan jika cara menjadi travel blogger tidaklah mudah, walaupun enak untuk bisa mencoba tempat-tempat baru tetapi terkadang dia juga merasakan capek. Febrian juga mengatakan jika menjadi travel blogger membuat dia bisa mngenal diri nya sendiri, bisa mengenal tempat-tempat yang baru, mengenal budaya baru, bahkan bisa belajar banyak dari travelling karena tentunya berbaur dengan masyarakat sekitar.

menjadi travel blogger
menjadi travel blogger

BEBERAPA TRAVEL BLOGGER PALING POPULER

1. The Naked Traveler-Trinity

Travel blogger yang satu ini sudah mulai menulis kisah-kisah perjalanannya dari tahun 2005. Selain menjadi travel blogger, wanita yang sudah pernah melancong hamper ke seluruh Indonesia dan 85 negara ini juga sudah menerbitkan 13 buku yag berisi pengalaman backpacker  nya yang inspiratif.

2. Pergi Dulu- Adam Posskit dan Susan Natalia

Pasangan yang satu ini di pertemukan ketika travelling loh, Anda bisa membaca cerita-cerita perjalanan di blog mereka, cerita mereka yang cukup terkenal adalah jalan kaki sejauh 780km menyusuri rute ziarah Camino de Santiago de Compostela di Spanyol

3. Backpack story – Ariev Rahman

Pekerja kantoran ini membuktikan bahwa bekerja di kantor juga bisa melakukan travelling. Ariev juga pernah mendapatkan suatu penghargaan yaitu kyscanner untuk Indonesia’s Best Travel Blog of the Year 2014 berisi tentang kisah travellingnya yang bisa Anda jadikan ilmu.

Demikian lah beberapa tema yang bisa kami sampaikan untuk Anda mengenai cara menjadi travel blogger, ayo kejar impian Anda untuk bisa mengelilingi tempat-tempat baru dengan menjadi travel blogger.  Semoga bermanfaat!

sumber cara menjadi travel blogger : https://tourmedan.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
081366593065