Destinasi Wisata Halal Indonesia Yang Diakui Dunia 2020

Wisata Halal Indonesia Lombok
84

Wisata Halal Indonesia. Berkembangnya dunia pariswisata Indonesia sudah pasti terjadi di masa sekarang, salah satu dampaknya ialah wisata halal Indonesia yang menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang mempunyai penduduk beragama Islam terbesar di Dunia. Fakta ini pasti membuat destinasi wisata di Indonesia yang ramah akan umat muslim. Bahkan Indonesia juga pernah mendapat penghargaan sebagai destinasi wisata halal dunia versi Global Muslim Travel Index pada tahun 20019.

Indonesia tentunya hampir sebagian objek wisata nya yang ramah dengan umat muslim, tujuan dengan konsep muslim friendly ini pun tak lain untuk menggaet para wisatawan dari kancah dunia khususnya dari daerah Timur Tengah yang potensinya cukup menggiurkan untuk sektor pariwisata. Berbicara dengan potensi, pastinya sektor pariwisata ini cukup menggiurkan, apalagi Indonesia menjadi salah satu destinasi terbanyak pengunjung muslim yang di perkirakan pada tahun 2020 akan ada 150 juta lebih turis muslim yang berlibur di Indonesia.

PENGERTIAN WISATA HALAL

Setelah mendongkraknya wisata halal di Indonesia membuat netizen masih bertanya tanya apa maksud dari wisata halal, bahkan sampai memperdebatkan konsep wisata halal ini sendiri. Wisata halal adalah bagian dari sektor pariwisata yang ditujukan untuk para umat muslim dengan pelayanan dan fasilitator berpedoman dengan aturan Islam. Aturan islam maksudnya adalah dalam pelayanan dan fasilitas yang halal seperti tersedianya makanan dan minuman halal, tidak adanya menu yang mengandung alcohol, tersedianya tempat ibadah dan sebagainya. Global muslim Index sendiri membuat beberapa standar yang menandakan wisata halal, beberapa di antarnya ialah:

  1. Kunjungan destinasi yang aman dengan keluarga.
  2. Kunjungan destinasi yang tidak membahyakan anak-anak.
  3. Amannya daerah destinasi wisata untuk para umat muslim.
  4. Layanan serta fasilitas yang mendukung umat muslim.
  5. Halalnya menu makanan dan minuman.
  6. Tersedianya akses ibadah yang tidak meribetkan.
  7. Tersedianya fasilitas yang ramah muslim.
  8. Komunikasi yang mudah di pahami.
  9. Fasilitas yang mendukung privasi.
  10. Adanya penanda symbol halal ataupu non halal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai wisata halal Indonesia, halal ini berarti melalui prosedur yang baik dan aman dari bahaya sehingga bisa di nikmati semua orang tanpa memandang agama.  semoga Anda memahami konsep wisata halal ini sendiri.

DESTINASI WISATA HALAL di INDONESIA

Objek wisata yang ada di Indonesia memang sebagian sudah muslim friendly, berikut beberapa destinasi wisata halal di Indonesia yang popluler.

1. Lombok

Lombok sudah menjadi destinasi wisata halal Indonesiafavorit yang banyak di kunjungi. Tak heran jika sering di sebut dengan pulau seribu masjid. Bahkan menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia veris Global Muslim Travel Index. Salah satu destinasi wisata nya yaitu kunjungan ke Mesjid Raya Hubbul Wathan serta melihat atraksi wisata di sana.

2. Aceh

Provinsi yang terknenal dengan sebutan serambi mekkah ini tak heran jika menjadi destinasi wisata halal favorit di kalangan masyarakat Indonesia bahkan mancan negara. Provinsi Ini pun juga menggunakan aturan-aturan islam dalah kehidupan sehari harinya. Salah satu destinasi halal favorit dari provinsi ini ialah masjid raya Baiturrahman, yang halaman mesjidnya menyerupai kota madinah.

3. Riau dan Kepulauan Riau

Riau dan kepualauan Riau menjadi salah satu perhatian pemerintah setempat untuk dijadikan wisata muslim friendly (wisata halal Indonesia). Wisata bahari yang sangat mengagumkan membantu pemerintah untuk terus mengembangi wisata halal di sini. Pulau Penyengat sendiri dijadikan sebagai titik pusat objek wisata halal di kepualauan Riau, Penyengat sendiri merupakan pusat pemerintahan dan pusat budaya.

4. Sumatera Barat

Sumatera Barat sendiri memiliki potensi yang cukup besar dalam sektor wisata halal di Indonesia. Wisata kuliner yang berbagai macam dan tentunya halal menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Keindahan alam panorama minang ini juga menambah daya tarik pengunjung untuk selalu berwisata ke daerah ini.

5. DKI Jakarta

Sebagai pusat pemerintahan Indonesia pastinya membuat Jakarta menajdi kota tersibuk di Indonesia, tak jarang para pekerja sejenak istirahat di Jakarta, hal ini membuat pemerintah setempat mengembangkan fasilitas yang ada dan mngembangkan fasilitas wisata halal di Indonesia. Salah satu objek wisata halal di Jakarta adalah Mesjid Istiqlal yang menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.

Itulah beberapa destinasi wisata halal favorit, selain lima wilayah tersebut ada beberapa pilihan wilayah lainnya yaitu Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Makassar.

Wisata Halal Indonesia Bukit Merese Lombok
Wisata Halal Indonesia | Bukit Merese Lombok

PAKET WISATA HALAL INDONESIA – LOMBOK

Lombok adalah sebuah pulau yang terletak di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Lombok sudah menjadi familliar bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional. Keindahan pantai dan keragaman biota laut menjadi Lombok untuk menarik daya minat bagi wisatawan.

Lombok sendiri sudah menjadi salah satu destinasi halal yang sudah terbukti muslim friendly. Jadi tak usah khawatir jika Anda ingin berlibur ke lombok.

Pilihan Lombok sebagai destinasi wisata adalah pilihan yang tepat untuk berlibur bagi keluarga Anda.

PAKET ONE DAY TRIP WISATA HALAL INDONESIA – LOMBOK

Anda akan dijemput oleh pihak Tim Tour Medan di Lombok International Airport atau di hotel. Anda akan berkunjung Hutan Wisata Pusuk, yang terkenal berisi monyet-monyet jinak dengan jumlah yang banyak. Lalu Anda akan menyebrang ke Pulau Gili Terawangan, Selanjutnya Anda bisa menikmati beberara olahraga air seperti  snorkeling,glass bottom boat,cidomo.

Lalu Anda akan melaksanakan shalat jamak qasar Zuhur dan Ashar di Mesjid  Baiturrahman Gili Terawangan. Kemudian Anda akan pergi ke Malimbu, lanjut akan makan malam di Rumah Makan Khas Lombok. Setelah selesai, Anda akan sholat di Mesjid Mataram, lalu Anda akan di pandu untuk kembali ke Lombok International Airport atau ke hotel.

PAKET WISATA HALAL INDONESIA 3 HARI 2 MALAM

HARI 01 : Gili Trawangan

Anda akan dijemput oleh pihak  Tim Tour Medan di Lombok International Airport. Anda akan pergi ke Hutan Wisata Pusuk, yang terkenal berisi monyet-monyet jinak dengan jumlah yang banyak. Lalu akan berangkat ke pulau Gili Trawangan Anda bisa menikmati beberara olahraga air seperti  snorkeling,glass bottom boat,cidomo.

Lalu Anda akan melaksanakan shalat jamak qasar Zuhur dan Ashar di Mesjid  Baiturrahman Gili Terawangan. Kemudian Anda akan pergi ke Malimbu, lanjut akan makan malam di Rumah Makan Khas Lombok. Setelah selesai, Anda akan sholat di Mesjid Mataram, lalu Anda akan di pandu untuk checkin hotel.

HARI 02 : Pantai Pink

Setelah Sarapan Anda akan dijemput oleh pihak Tim Tour Medan untuk menuju pelabuhan Tanjung luar, lalu Anda akan mengunjungi Gili Pasir dan Gili Patelu untuk ber-snorkeliing. Kemudian Anda akan menuju pantai pink dengan keindahan pasir pink, lalu akan berkunjung ke Pantai Gambir, di sana Anda bisa bersnorkelling melihat terumbu karang.

Selanjutnya kembali ke Pelabuhan Tanjung, lalu melaksanakan shalat qasar Zuhur dan Ashar. Lanjut kembali ke Mataram, Anda akan makan malam di Rumah Makan Khas Lombok. Setelah selesai, Anda akan sholat di Mesjid Mataram, lalu Anda akan di pandu untuk kembali ke hotel

HARI 03 : City Tour

Setelah Sarapan dan chekout dari hotel Anda akan dijemput oleh pihak Tim Tour Medan. Anda akan city tour Lombok sebentar dan Anda bisa belanja oleh-oleh khas Lombok. Anda juga akan mengunjungi Desa Banyumelek, dan mengunjungi jajanan khas lombok.

Setelah selesai Anda akan di pandu untuk kembali ke Lombok International Airport.

PAKET WISATA HALAL  HALAL 4 HARI 3 MALAM

HARI 01 : Tour Desa-Pantai Kuta Lombok-Tanjung Aan-Bukit Merese

Anda akan dijemput oleh pihak  Tim Tour Medan di BAndar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Anda akan berkunjung ke Desa Sukarara dan Desa Adat Sade, Anda akan shalat qasar zuhur dan ashar di sana. Selanjutnya Anda akan berkunjung ke Pantai Kuta Lombok Pantai Tanjung Aan. Kemudian kembali ke Mataram untuk makan ayam taliwang, Anda juga akan  shalat qasar maghrib dan isya di masjid raya Mataram. Lalu Anda akan di pandu untuk checkin hotel dan beristirahat.

HARI 02 : Gili Trawangan

Setelah sarapan di hotel Anda akan dijemput oleh tim. Anda akan pergi ke Hutan Wisata Pusuk, yang terkenal berisi monyet-monyet jinak dengan jumlah yang banyak. Lalu akan berangkat ke pulau Gili Trawangan Anda bisa menikmati beberara olahraga air seperti  snorkeling,glass bottom boat,cidomo.

Anda akan melaksanakan shalat jamak qasar Zuhur dan Ashar di Mesjid  Baiturrahman Gili Terawangan. Kemudian Anda akan pergi ke Malimbu, lanjut akan makan malam di Rumah Makan Khas Lombok. Setelah selesai, Anda akan sholat di Mesjid Mataram, lalu Anda akan di pandu untuk kembali ke hotel 

HARI 03 : Gili Nanggu

Setelah Sarapan, Anda akan dijemput oleh pihak Tim Tour Medan. Anda akan berkunjung ke Gili Nanggu, Anda bisa bersantai sambil snorkeling, lalu pergi ke Gili Sudak untuk menikmati makan siang, lanjut Anda akan pergi ke Gili Kedis, Anda akan sholat jamak qasar Zuhur dan Ashar di masjid terdekat. Sore hari Anda akan kembali Mataram, Anda akan menikmati makan malam di sana dan melaksanakan sholat jamak qasar maghrib dan isya. Lalu Anda akan kembali ke hotel.

HARI 04 : City Tour

Setelah Sarapan dan chekout dari hotel Anda akan dijemput oleh pihak Tim Tour Medan. Anda akan city tour Lombok sebentar dan Anda bisa belanja oleh-oleh khas Lombok.

Setelah selesai, Anda akan di pandu untuk kembali ke Lombok International Airport.

HARGA PAKET WISATA HALAL INDONESIA

Jika Anda tertarik dan ingin menikmati paket wisata halal Lombok dari Medan atau daerah lain di Indonesia. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp. Xxxxx/ orang untuk pemesanan paket 2 orang, Rp. Xxxxx/ orang untuk pemesanan paket 4-5 orang, Rp. Xxxxx/ orang untuk pemesanan paket 6-10 orang, dan jika ada pemesanan paket untuk lebih dari 10 orang, Anda dapat langsung menghubungi Team Tour Medan/tripjuara.id. selain itu Anda juga bisa memilih paket custom trip dengan harga tertera.

Harga paket yang tertera sudah termasuk untuk penjemputan dari dan ke Airport ,biaya penginapan, transportasi AC selama di Perjalanan, Tour Guide, dan tiket masuk objek wisata. Namun harga paket tersebut tidak termasuk untuk biaya transportasi Anda (pulang-pergi) dari Medan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Tour Medan melalui kontak di bawah ini:

MEDIA SOSIAL

Facebook: https://www.facebook.com/tripjuara.id/
Instagram: https://www.instagram.com/tour.medan/
Gmail: tripjuara@gmail.com
Sumber : https://tourmedan.com

Demikian artikel wisata halal Indonesia, semoga bermanfaat.

Koleksi Paket Unggulan Tour Medan :

1. Paket 3 Hari 2 Malam Danau Toba
2. Paket 2 Hari 1 Malam Bukit Lawang
3. Paket One Day Trip Tangkahan

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
081366593065