Daftar Wisata Gunung Yang ada di Sumatera Utara

mountain

Indonesia terkenal dengan  keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satu daerah yang memiliki keindahan alam  tersebut adalah Sumatera Utara. Mulai dari pantai, laut, hingga gunung dijadikan sebagai objek  wisata di Indonesia. Bagi para pendaki, mungkin gunung menjadi tempat favorite mereka.

Di Sumatera Utara, ada beberapa gunung yang wajib di kunjungi para wisatawan khususnya para traveler yang senang mendaki. Dari atas gunung , kamu bisa melihat pemandangan daerah Sumatera Utara yang pastinya sangat menganggumkan. Berikut kami berikan 6 wisata gunung di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi.

SInabung Dari Gundaling

1. Gunung Sibayak

Warga Sumatera Utara khususnya daerah tanah karo sudah pasti tahu gunung yang satu ini. Gunung yang memiliki ketinggian 2094 meter diatas permukaan laut ini berlokasi di jalan Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk sampai di tempat ini kamu harus menempuh jarak 60 km dari kota Medan. Wisata gunung yang satu ini merupakan yang paling populer dan mudah di jangkau di Sumatera Utara.

Dalam jarak 3 km dari pusat kota Berastagi, tersedia tiga pilihan jalur menuju pintu masuk pendakian Gunung Sibayak. Tiga jalur tersebut yaitu desa Semangat Gunung, Desa Jarang Uda dan Jalur 54. Untuk akses kendaraan ke tempat ini kamu bisa mengendarai motor ataupun mobil dan menitipkannya di tempat penitipan kendaraan yang sudah disediakan sebelum masuk ke jalur pendakian.

Untuk biaya penitipan kendaraan kamu bisa membayar sebesar Rp 20.000- Rp 30.000 per mobil dan Rp 15.000-Rp 20.000 per motor. Atau akses kendaraan lain ke tempat ini bisa menggunkan bus yang sampai ke Berastagi. Sepanjang perjalanan ke Gunung Sibayak  kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah seperti Puncak Takal Kuda, Kawah Aktif, Legenda “Suara Neraka”dan Pemandian Lau Sidebuk-debuk.

Para pendaki maupun wisatawan yang datang ketempat ini biasanya berangkat mulai dari jam 2 pagi untuk dapat menikmati pemandangan matahari terbit di pagi hari. Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan lainnya kamu bisa berkemah di kawah kaki gunung sambil membakar jagung ataupun sosis.

Menariknya di setiap tanggal 17 Agustus terdapat perayaan upacara dan lomba panjat pinang. Seru bukan? Tunggu apalagi yuk kita mendaki ramai-ramai ke tempat ini.

Baca Juga : “JADWAL OPEN TRIP TANGKAHAN 2020 START MEDAN

2. Gunung Sinabung

Wisata Gunung di SUmatera Utara lainnya yang masih terletak di lokasi yang berdekatan dengan Gunung Sibayak yaitu Gunung Sinabung. Gunung api yang masih aktif ini memiliki ketinggian 2.451 mdpl. Gunung ini juga cocok untuk para pendaki. Untuk sampai di tempat ini ada tiga rute aman yang bisa digunakan yaitu Desa Perteguhan, Desa Tiga Kicat dan Desa Tiga Pancur di Simpang Empat.

Namun sayang, sejak tahun 2010 gunung ini sudah aktif kembali sehingga mengeluarkan letusan dengan abu vulkanik hingga lahar panas. Saat ini jalur pendakian ke tempat ini di tutup. Tapi jangan khawatir teman-teman, ada tempat pemandangan yang dirancang bagi pengunjung untuk melihat panorama Gunung Sinabung yang megah dari zona aman.

Bukit Gundaling menjadi salah satu tempat lain yang bagus untuk melihat panorama Gunung Sinabung. Selain bisa melihat pemandangan Sinabung dari tempat ini kamu juga bisa berfoto bersama keluargamu dan juga menunggangi kuda. Sehingga dapat menggantikan kekecewaanmu karena tidak bisa mendaki ke Gunung Sinabung.

3. Gunung Sibuatan

Kamu suka dengan ketinggian? Gunung yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka ketinggian karena gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara. Objek Pendakian dengan ketinggian 2.457 mdpl  ini membutuhkan waktu 7-9 jam untuk sampai di puncak gunung. Gunung ini bertempat di perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Dairi.

Untuk mendaki ke gunung ini, kamu harus melewati zona yang cukup sulit karena gunung ini masih ditumbuhi pohon dan semak yang cukup rapat. Namun keletihan ini terbayarkan karena ketika kamu sampai di puncak bisa memandang bebas panorama alam sekitar gunung.

Dan jika kamu sampai di pagi hari, kamu bisa melihat matahari terbit dari tempat ini dan hamparan luasnya danau toba. Tapi jika kamu ingin mendaki ke tempat ini cari tahu mengenai cuaca pada hari kamu mendaki karena jika cuaca mendung maka akan sulit sampai di puncak gunung ini.

Baca Juga : “Paket Tour Danau Toba 1 Hari Start Medan dan Silangit

4. Gunung Sorik Marapi

Pernah dengar kata-kata “Surga Dunia”? Mungkin kata ini cocok untuk mengekspresikan tempat ini. Gunung Sorak Marapi merupakan salah satu destinasi pencinta wisata ekstrem atau para pendaki. Bukan hanya di Lombok saja kamu bisa menikmati pemandangan kawah biru.

Disini kamu juga bisa menikmati kawah biru tersebut di Gunung Sorik Marapi yang terletak di  Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Jalur yang ditempuh pun sangat ekstrem dan membutuhkan waktu 10-11 jam untuk sampai di puncak tersebut.

Melelahkan bukan? Tentunya tidak karena sepanjang perjalanan kamu akan ditemani dengan pesona sawah dan kebun yang terbentang sehingga bukan melelahkan tapi menyenangkan perjalananmu. Jika cuaca bagus, kamu bisa berkemah di kaki gunung ini dan melihat matahari terbit di pagi hari.

Dari atas puncak gunung ini kamu juga bisa melihat kota Sidempuan, Penyabungan bahkan sampai Sibolga. Terlihat juga kawah biru dengan batu kapur sekeliling serta awan putih seperti kapas sehingga terlihat seperti negeri di atas awan.

5. Gunung Lubuk Raya

Selanjutnya yaitu Gunung Lubuk Raya yang terletak di daerah  Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Gunung api yang sudah tidak aktif ini memiliki ketinggian 1618 mdpl. Meskipun ketinggiannya tidak terlalu tinggi dibanding gunung lainnya namun bagi para pendaki kamu harus melwati rintangan dan jalur ekstrem untuk sampai di tempat ini.

Karena kamu akan dihadapkan di hutan lebat, tanaman perdu dan tanaman rotan berduri. Hanya butuh waktu 3 jam untuk sampai di puncak gunung. Sementara rute pendakian dimulai dari Desa Lembah Lubuk Raya, Kecamatan Angkola Barat. Sesampainya di puncak kamu bisa menikmati pemandangan alam yang membentang seperti permadani hijau dan berbagai macam tumbuhan kantung semar.

Baca Juga: ” 10 Bali Baru Indonesia yang Wajib Dikunjungi

6. Gunung Sibual Buali

Gunung terakhir yang kami rekomendasikan dan wajib kamu kunjungi yaitu Gunung Sibual Buali. Gunung yang terletak sama dengan Gunung Lubuk Raya yaitu daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Gunung dengan ketinggian 1819 dpl ini memiliki flora dan fauna yang sama dengan gunung yang terletak di sebelahnya, Gunung Lubuk Raya. Seperti tumbuhan kantung semar dan beberapa jenis kera.

Gunung Sibual Buali masih termasuk gunung aktif namun masih tergolong aman. Bisa kamu perbaiki dengan tenang. Untuk sampai di puncak ini kamu bisa meminta pemandu yang ramah dan bersahabat di sekitar gunung tersebut.

Saat kamu mendaki dan sampai di puncak kamu bisa mendengar suara semburan udara panas bercampur dengan suara belerang dan suara air terjun yang ditengah-tengah apitan kedua gunung. Keindahan air terjun Silima Lima merupakan salah satu keindahan yang luar biasa yang tidak akan pernah kamu lupakan saat mendaki gunung ini.

Demikian 6 Wisata Gunung yang ada di Sumatera Utara, semoga bermanfaat dan menginspirasi pembaca setia Tour Medan.

You may also like...

(0) Comments

  1. Pendiri dan Orang-Orang yang Berjasa Membangun Kota Medan

    […] Baca Juga : “Daftar Wisata Gunung Yang ada di Sumatera Utara“ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
081366593065