Wisata Danau Toba Danau Terbesar & No 1 di Asia Tenggara

Sejarah Wisata Danau Toba
99

Wisata Danau Toba Danau Terbesar dan Nomer 1 di Asia Tenggara. Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara Indonesia adalah salah satu danau gunung berapi  (vulkanik )yang sangat indah. Danau Toba memiliki luas hingga 1.145 kilometer persegi. Danau Toba terlihat tampak seperti lautan yang terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl).Danau Toba juga disebut danau terbesar di Asia Tenggara yang memiliki kedalaman hingga 450 meter. Di tengah-tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau bernama pulau Samosir. Danau Toba dapat diakses dari Bandara Kuala Namu Medan atau Bandara Silangit.

Pulau Samosir memiliki dua danau kecil yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Jika dihitung ternyata pulau Samosir memiliki luas hampir sama besar dengan negara Singapura. Pulau Samosir bukanlah sebuah pulau kosong karena pulau ini adalah rumah bagi suku Batak khususnya Batak Toba. Suku Batak yang hidup di Pulau Samosir masih mematuhi kepercayaan tradisional nenek moyang mereka.

Masyarakat Danau Toba atau Pulau Samosir masih menjalankan ritual nenek moyang dahulu. Di Pulau Samosir ada dua desa terkenal atau desa wisata yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. Tomok adalah sebuah desa yang memiliki banyak destinasi menarik, seperti makam Raja Sidabutar yang dipercaya sebagai Raja di Pulau Samosir, Batak Museum dan tarian Sigale-gale yang populer.

Tidak seperti Tomok yang memiliki banyak situs sejarah, Tuktuk adalah sebuah desa di mana ada banyak hostel dengan pemandangan indah dan banyak diminati wisatawan. Danau Toba juga dikelilingi oleh hutan pinus dan air terjun dan juga sedikit air panas di kamar mandi di hutan. Pemandangan di sekitar danau sangat indah dengan udara yang relatif segar tentunya membuat Anda betah berlama-lama tinggal di sini. Bagi masyarakat suku Batak yang tinggal dekat dengan danau ini, Danau Toba tidak hanya wisata alam semata,  namun Danau Toba memiliki keindahan yang luar biasa.

Pariwisata Danau Toba
Pariwisata Danau Toba

Sejarah Danau Toba Versi Cerita Rakyat

Masyarakat Batak percaya bahwa Danau Toba adalah tempat bersemayamnya tujuh dewi atau yang biasa dikenal dengan Namborru. Setiap kali melakukan kegiatan di sekitar danau, masyarakat akan berdoa dan meminta izin terlebih dahulu untuk acara diberkati dan dapat bekerja dengan lancar. Di samping sejarah ilmiah, Danau Toba juga menyimpan cerita rakyat diyakini berada di balik pembentukan danau ini. Menurut cerita rakyat yang telah beredar luas, Danau Toba terbentuk dari sejarah keluarga ikan.

Pada zaman dahulu kala, ada seorang pemuda yang bernama Toba yang sedang memancing di sungai dan berhasil mendapatkan ikan. Ikan ini Tidak seperti ikan-ikan lain. Saat ikan diletak di lantai untuk dimasak, tiba-tiba  Ikan tersebut kemudian berubah menjadi seorang wanita cantik. Karena tertarik dengan kecantikan perempuan tersebut, singkat cerita keduanya menikah. Sebelum menikah ada permintaan perempuan ikan tersebut untuk Toba yang tidak boleh dilanggar dia. yaitu menutup rapat-rapat rapat rahasia wanita tersebut.

Pernikahan mereka berlangsung dengan baik sampai mereka memiliki anak bernama Samosir. Samosir tumbuh menjadi anak yang bengal dan selalu merasa lapar. Pada satu hari Samosir ditugaskan Ibunya untuk mengirim makanan untuk ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Karena merasa lapar diperjalanan makanan tersebut habis dimakan oleh Samosir. Sang ayah yang merasa lapar memutuskan untuk pulang, di dalam perjalanan kembali, ia melihat Samosir sedang makan siang yang seharusnya untuk ayahnya. Toba tiba-tiba marah besar, karena kondisinya yang sangat marah,   Ia tidak sengaja mengatakan Samosir adalah anak dari ikan.

Mendengar cerita anaknya tentang ucapan ayahnya, sang Ibu merasa marah dan kecewa. Air juga keluar dari bawah tanah yang membuat perkampungan terendam air. Toba dan Samosir tiba-tiba hilang saat perkampungan berubah menjadi lautan air. Saat itulah terbentuk Danau Toba dan Pulau Samosir diyakini sebagai perwujudan siluman ikan dan anaknya. Akhirnya terbentuklah Danau Toba yang kita kenal saat ini (versi cerita rakyat).

Danau Toba
Danau Toba

Proses Ilmiah Terbentuknya Danau Toba

Jika dilihat dari sisi pendekatan ilmiah, Danau Toba adalah danau air tawar vulkanik yang terbentuk karena letusan Gunung Toba pada 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan gunung membentuk kaldera atau kawah raksasa yang kemudian terisi air hingga menjadi danau seperti yang kita kenal saat ini. Letusan gunung ini sangat luar biasa sampai debu vulkanik yang dihasilkannya bertebaran hampir ke seluruh belahan dunia dan menyebabkan kematian massal, mengurangi 60% dari jumlah manusia saat itu.Selain itu, menurut para peneliti, letusan Gunung Toba juga mempengaruhi iklim dan cuaca sehingga bumi memasuki fase zaman es.

Wisata Danau Toba bisa dinikmati mulai dari satu hari, namun tentunya anda tidak akan maksimal dan kurang seru. Tempat wisata ini memiliki banyak spot dan aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Anda bisa berlayar menuju ke Pulau Samosir dengan kapal sewaan seperti speedboat maksimal 10 orang atau kapal wisata s.d 20-25 orang, hal ini tentu akan menjadi pengalaman menarik. Dengan menyewa kapal untuk rombongan 20-25 orang selama sehari, Anda bebas meminta berhenti di titik tempat wisata mana saja yang Anda inginkan dan rombongan ingin kunjungi.

Selama perjalanan dengan kapal sewaan ini, nikmati pemandangan Danau Toba dan sekelilingnya yang begitu indah. Anda akan dibuat takjub dengan kekayaan alam yang Anda saksikan. Jangan lupa siapkan kamera  anda untuk mengabadikan tiap pesona Danau Toba. Selain itu, Anda bisa melihat wisatawan lain yang sedang bermain cargo ship dan jetski di danau.

Danau Toba Sumatera utara
Danau Toba Sumatera utara

Destinasi Wisata Danau Toba

Di Danau Toba Anda bisa mengenal sejarah Batak dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah kebanggan Sumatera Utara ini. Jangan lewatkan Desa Tomok di mana terdapat Makam Raja Sidabutar, Museum Huta Bolon di Simanindo dan Batu Persidangan di Ambarita. Makam Raja Butar sangat unik karena terbuat dari batu besar tanpa sambungan dan ada ukiran wajah sang raja di batu makamnya. Raja Sidabutar merupakan orang pertama sekaligus Raja yang mendiami Tomok.

Di kompleks pemakaman Raja Sidabutar juga terdapat makam dua raja penerusnya dan makam beberapa anggota keluarga. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda harus memakai ulos yang telah disediakan oleh petugas di pintu masuk. Ada juga wisata Museum Huta Bolon, di Museum ini Anda bisa melihat rumah adat Batak Simanindo peninggalan Raja Sidauruk yang dijadikan museum budaya Batak saat ini. Di dalam museum Batak terdapat berbagai koleksi benda-benda yang erat kaitannya dengan budaya suku Batak, diantaranya pakaian adat, kain ulos dan juga peti mati yang berisi boneka Sigale-gale.

Anda juga wajib mengunjungi Desa Ambarita di mana terdapat Batu Persidangan. Batu ini berbentuk seperti meja ini dahulu digunakan untuk mengeksekusi tahanan. Orang-orang yang terbukti melakukan kejahatan seperti membunuh, mencuri dan memerkosa akan dihukum pancung di meja persidangan ini. Di Tomok Danau Toba dan sekitarnya terdapat banyak toko suvenir yang menjual kain ulos, gitar khas suku Batak, kaos yang murah, gantungan kunci khas  dan beraneka souvenir lainnya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh.

Souvenir-souvenir ini banyak Anda temui di Pulau Samosir, Parapat, Balige dan tempat-tempat lain sekitar Danau Toba. Jika Anda beebelanja di Pasar Tomo atau pasar lainnya di Danau Toba jangan lupa menawar untuk harga yang lebih baik. Apa saja yang menarik dari wisata Danau Toba? seperti yang sudah dijelakan diatas di Danau Toba terdapat Boneka Sigale-gale. Boneka ini menjadi salah satu ciri khas icon wisata Danau Toba Sumatera Utara.

Boneka kayu (wood doll)  setinggi 1,5 meter lengkap dengan pakaian adat Batak ini dapat menari tor-tor bersama wisatawan. Pertunjukan tari Sigale-gale ini dapat Anda saksikan di beberapa tempat wisata di Danau Toba seperti Museum Huta Bolon dan beberapa museum lainnya termasuk di dekat pasar Tomok. Sigale-gale harus disimpan di dalam peti mati. Boneka ini sangat dikeramatkan karena sejarahnya yang panjang.

Sejarah Sigale-gale berawal dari anak lelaki satu-satunya dan kesayangan seorang raja Batak yang bernama Menggale pada zaman dahulu yang gugur saat berperang. Raja menjadi sedih dan sakit-sakitan. Sampai kemudian tabib dan orang pintar memutuskan untuk membuat sebuah boneka kayu seukuran manusia dan wajahnya dibuat mirip dengan anak raja untuk menghibur sang Raja.

Menurut warga, saat dimainkan arwah anak raja masuk ke boneka sehingga Sigale-gale bisa bergerak dan menari tanpa bantuan seorang dalang. DI Danau Toba juga terdapat Festival Danau Toba setiap tahunnya. Festival ini merupakan acara rutin tahunan hasil kerjasama permerintah daerah Sumatera Utara dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini biasanya digelar antara bulan Agustus – September.

Dalam festival Danau Toba ini, diadakan berbagai macam pertunjukan seni budaya dan juga lomba bagi masyarakat mulai dari pertunjukan tari sampai lomba perahu hias. Anda juga bisa menemukan beragam kuliner lezat dan berburu kain ulos cantik pada saat acara berlangsung. Jika ingin menyaksikan festival tahunan di tempat wisata ini, Anda sebaiknya sudah memesan tiket pesawat dan kamar hotel jauh-jauh hari.Transportasi ke Danau Toba bisa Anda akses dengan kendaraan atau jasa Travel.

Perjalanan ke Parapat dari Medan memakan waktu sekitar 6 jam namun saat ini bisa lebih cepat karena sudah ada Tol dari Medan sampai ke Kota Tebing Tinggi. Dari Parapat, Anda sudah bisa menyaksikan keindahan Danau Toba. Jika ingin ke Pulau Samosir, Anda bisa menyeberang dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Ajibata menuju Tuktuk, Samosir atau bisa juga dengan kapal sewaan (charter).

Atsari Hotel Danau Toba
Atsari Hotel Danau Toba

Penginapan Hotel dan Resort di Danau Toba

Untuk menemukan penginapan atau hotel di Danau Toab tidaklah sulit, bahkan sangat banyak tersedia dengan berbagai rate salah satunya di akwasan Parapat. Parapat yang populer dengan julukan ‘Gerbang Danau Toba’ memang berada di kawasan strategis Pulau Sumatera sehingga kerap dilalui oleh wisatawan asing maupun nusantara. Bukan hanya itu, pun destinasi Sumatera Utara ini mempunyai banyak spot wisata keren dan mengagumkan.

Parapat kini telah berkembang pesat,  akomodasi berupa penginapan di Parapat gak bakal sulit ditemukan. Menariknya, sebagian besar hotel Parapat menghadap persis ke Danau Toba. bagaimana dengan harga? Anda tidak perlu khawatir, penginapan disini dari yang low budget (murah meriah) hingga harga lumayan yang bisa disesuaikan dengan keinginan traveler. Namun bukan hanya di Parapat salah satu lokasi unggulan Hotel di Danau Toba juga terdapat di Tuk Tuk Samosir.

Berikut rekomendasikan penginapan dan hotel di Danau Toba versi Tour Medan :

1. Hotel Atsari Parapat

Hotel Parapat yang satu ini bikin kamu seperti sedang berada di Bali. Atsari Hotel adalah pilihan tepat untuk menginap bagi yang berlibur dengan keluarga karena lokasinya tepat berada di dekat pinggiran Danau Toba dan pelabuhan. Jika berbicara fasilitas, Atsari Hotel dilengkapi dengan bar, Wi-Fi, restoran, parking lot dan kolam renang yang luas.Untuk harga kamar di Hotel Atsari cukup terjangkau mulai dari Rp 500 ribu-an untuk standard room.
Anda berminat menginap di sini? Anda bisa kontak via telepon: (0625) 41218 dan selular 082166698878 atau visa Tour Medan 081366593065, Anda juga bisa langsung ke lokasi Atsari berada yakni di Jalan TPR Kol. Sinaga Nomor 09, Parapat Sipangan Bolon.

2. Niagara Hotel Parapat

Hotel yang satu ini cukup berkelas. Niagara Lake Toba Hotel & Resort ini tergolong familiar bagi banyak turis dan jadi tempat menginap idaman loh. Lokasi Niagara Hotel memang sedikit jauh dari Danau Toba tetapi hotel ini tetap membuat liburan Anda menyenangkan.

enginapan ini sangat sering dijadikan lokasi outing dari berbagai perusahaan lantaran fasilitas Hotel Niagara sangatlah lengkap, ada swimming bath yang sangat luas, 107 buah kamar dengan berbagai tipe, Wifi gratis, restoran, meeting room dan masih banyak lagi.

Untuk tarif kamar di Niagara Hotel dipatok dari Rp 900 ribu-an untuk standard room hingga Rp 4,5 juta untuk suite room/malam. Hotel Niagara beralamat di Jalan Pembangunan Nomor 1, Parapat, Sipangan Bolon ini karena terlanjur betah. Mau booking? nih nomor teleponnya: (0625) 41028.

3. Hotel Patra Jasa

Hotel chain (jaringan) yang berada di beberapa kota besar seperti Semarang, Bandung dan Bali ini juga bisa ditemukan di Danau Toba dengan nama terbaru yakni Patra Comfort Parapat. Hote bintang 3 ini Letaknya dekat dari Panatapan Parapat dan Bukit Simarjarunjung. Tahukah Anda bahwa hotel ini merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero).

Fasilitas di Hotel Patra Comfort dilengkapi dengan ruang kamar ber-AC, parking lot, kolam renang, fasilitas olahraga, restoran, Wifi corner, bar dan lainnya sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat menginap.
Untuk tarif menginap di Patra Comfort mulai dari Rp. 540rb. Kalau mau pesan, bisa ke telepon di (0625) 41196 atau langsung ke lokasi di Jalan Pertamina Siuhan, Simalungun, Sumatera Utara.

4. The Parapat View Hotel

Hotel Parapat View berada tepat menghadap Danau Toba. Keunikan lain hote ini adalah pada arsitektur bangunan /design bangunan dengan corak khas Batak ditambah konsep hotel berupa garden view yang akan membuat suasana liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Selama menginap di hotel ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas di Hotel Parapat View seperti Wifi, kolam renang dengan pemandangan Danau Toba dan restaurant.

Parapat view Hotel menyediakan 3 jenis kamar yaitu Superior Room, Deluxe dan Suite. Untuk biaya menginap di Hotel Parapat View yang terletak di Jalan Sidaha Pinto No. 7, Simalungun, Girsang Sipangan Bolon ini dari kisaran harga Rp500.000/malam. Ayo pesan kamar via telepon di nomor (0625) 41376 atau admin Tour Medan.

5. Danau Toba International Parapat

Danau Toba Internasional Hotel (HDTI) ini adalah unit bisnis dari chain hotel yang sama-sama berada di bawah naungan Pardede Group. Group hotel ini sudah sejak dahulu eksis di kawasan pariwisata Danau Toba. HDTI Parapat masih satu jaringan dengan Darma  Agung Beach Hotel dan Danau Toba Int’ Cottage yang sama-sama berada di Parapat.

Hotel Danau Toba International memiliki 101 kamar, 61 diantaranya memiliki pemandangan Danau Toba. Selain itu, ada juga convention hall, Wi-Fi untuk internet gratis, restaurant dan tentunya kolam renang. Untuk satu malam menginap, tersedia kamar dengan harga mulai dari Rp.540.000.

Anda tertarik menginap di hotel ini? Anda bisa langsung ke lokasi di jalan Talun Sungkit, nomor 17. Atau bisa booking terlebih dahulu via telepon (0625) 41583. atau hubungi admin Tour Medan.

Sigalegale Danau Toba
Sigalegale Danau Toba

Destinasi Wisata Liburan Terbaik di Danau Toba dan Samosir

1. Paropo

Paropo merupakan spot wisata yang dikenal masyarakat SUmatera Utara seperti di Ranu Kumbolo.Orang-orangyang sudah pernah ke Semeru dan sampai ke Ranu Kumbolo, kemudian mengunjungi Paropo di bagian pinggiran Danau Tobakemungkinan akan merasa sedang berada di Ranu Kumbolo Semeru Jawa Timur.

Paropo memiliki nuansa yang sejuk dan menyenangkan, dengan pemandangan gunung sebagai background dan perairan di depannya. Nah Ranu Kumbolo dan Paropo cukup memiliki kesamaan dalam hal pemandangan.jadi kalau kamu blm bisa atau belum sempat ke Ranu Kumbolo tidak ada salahnya kamu mengunjungi Paropo sebagai obatnya.

2. Bukit Gajah Bobok

Bukit Gajah Bobok memiliki pemandangan terbaik saat setelah subuh (sunrise). Dari puncak Bukit ini kamu bisa menikmati sunrise yang keren di ufuk timur, sekaligus menyaksikan keindahan lanskap perbukitan di sekitar Danau Toba yang mempesona siapapun yang melihatnya. Pengalaman tak terlupakan lain yang bisa kamu dapatkan di Bukit Gajah Bobok adalah berkemah di puncak bukit. Jika Anda beruntung, gugusan bintang yang indah bisa kamu lihat dengan mata telanjang.

3. Bukit Holbung Samosir
Bukit Holbung yang begitu populer berada di Samosir. Keeksotisan lokasi ini adalah nuansa yang ditawarkan. Holbung menawarkan Danau Toba di satu sisi serta gugusan perbukitan yang hijau di sisi lainnya. Anda bisa menikmati detail hembusan udara yang sejuk dan ilalang yang menari karena hembusan angin sepoi. Lokasi ini bisa di akses melalui Air Terjun Sipiso-Piso.

4. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung sering disingkat dengan BIS. Wisata ini berada persis di pinggir jalan jalur Danau Toba Berastagi. Lokasi ini merupakan spot berselfie dengan banyaknya lokasi foto yang Instagenik. Mulai ‘sarang burung’, papan titian, Sepeda gantung, Papan berbentuk Love, ayunan ekstrim hingga papan bintang semua bisa kamu gunakan untuk selfie. Jangan lupa, posting hasil foto terbaik kamu di Instagram dan berikan tagar #tourmedan agar kami bisa merepost foto Anda dan menularkan virus wisata kepada Dunia. wow.

5. Menara Pandang Tele Samosir

Menara Pandang tele memiliki 4 tingkatan. Ada 4 tingkatan dan jarak pandang berbeda menyaksikan kemegahan Danau dan Perbukitan Toba. Menara pandang Tele menawarkan pemandangan tidak biasa dari ketinggian. Jika Anda melihat ke Sisi kiri dari menara ini Anda bisa melihat Keindahan Danau Toba dari Ketinggian, dan jika Anda melihat ke sisi satunya Anda akan melihat keindahan Air terjun beserta barisan Bukit yang Indah. Untuk naik ke Menara ini Anda akan di kutip retribusi hanya Rp 5.000/orang.

6. Air Terjun Efrata
Siapa yang sudah pernah ke Air Terjun Efrata? Saat mengunjungi dan menikmati Danau Toba, kamu bisa main air dan berfoto fotoria di bawah Air Terjun Efrata. Air Terjun Efrata Letaknya berdekatan dengan Bukit Holbung jika diakses dengan kendaraan. Pemandangan yang di tawarkan sekitar air terjun masih sangat alami begitu juga dengan atmosfer yang ada di kawasan ini. Efrata memiliki air yang sejuk serta menjadi bacground foto yang sangat ciamik. Untuk masuk ke lokasi ini Anda akan dikutip retribusi Rp 7.000 saja.

7. AirTerjun Binangalom

Ada banyak keistimewaan yang ditawarkan di Danau Toba, dan salah satunya adalah air terjun yang langsung jatuh ke danau, yaitu air terjun Situmurun atau orang lokal sering menyebutnya air terjun Binangalom. Jika Anda berminat melihat langsung fenomena alam yang luar biasa ini, lebih baik Anda menyewa menggunakan kapal motor dari desa Gopgopan di Samosir. Setelah Anda sampai ke lokasi, Anda bisa menyaksikan keindahan, pesona dan bahkan berenang langsung di bawah cucuran Air Terjun Situmurun.

8. Pantai Pasir Putih Parbaba

Pantai ini terletak di Ambarita. Pantai ini merupakan pantai air tawar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Disini Anda dapat berenang tanpa harus takut kulit gatal karena asin. Anda juga tidak perlu khawatir keasinan karena meminum air pantai karena air di Danau ini 100% tawar. Jika Anda kemalaman di lokasi ini jangan kawatir, karena Pantai ini memiliki banyak penginapan atau hostel yang bisa Anda booking sesuai budget Anda.

Sumber :  https://tourmedan.com

Support : https://tripjuara.id

You may also like...

(0) Comments

  1. MENGENAL TARIAN TRADISIONAL SUMATERA UTARA | TOUR MEDAN #1

    […] Baca Juga : Wisata Danau Toba Danau Terbesar & No 1 di Asia Tenggara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
081366593065